Contoh Soal Psikotes dan Jawabannya

Contoh Soal Psikotes dan Jawabannya - Banyak orang yang sering merasa takut ketika dihadapkan dengan soal psikotes? Apakah anda demikian? Jangan khawatir, kami akan memberikan contoh soal psikotes beserta jawabannya. Silahkan simak di bawah ini. 

Contoh Soal Psikotes dan Jawabannya
Contoh Soal Psikotes dan Jawabannya


Contoh Soal Psikotes dan Jawabannya

Contoh Soal Psikotes

Test Kepribadian Grafis yang merupakan test yang mencakup kepribadian seseorang dengan berdasarkan gambar yang dibuatnya, yang meliputi beberapa hal seperti:
  • Test Wartegg yang memiliki tujuan untuk meneliti karakter seseorang dari hal emosi, imajinasi, dinamisme, kontrol dan reality function.
  • Test DAP (Draw A Person) yang memiliki tujuan untuk menilai karakter dan kepribadian seseorang berdasarkan cara menganalisa gambar orang yang dibuat oleh peserta test tersebut.
  • Test Baum Tree dan Test HTP (House Tree Person) yang memiliki tujuan untuk menilai karakter dan kepribadian seseorang dengan menganalisa gambar pohon yang dibuat oleh peserta test tersebut.
Test Kepribadian Kuesioner merupakan test untuk menilai kepribadian seseorang berdasarkan jawaban yang dipilih dalam sejumlah pertanyaan yang telah diajukan, seperti meliputi beberapa hal dibawah ini:
  • Tes Efektifitas Diri yang bertujuan untuk menilai seberapa efektif seseorang dalam melakukan tugas dan menyelesaikan berbagai hal situasi yang sulit.
  • Tes EPPS yang bertujuan untuk menilai tipe motivasi seseorang dengan cara menyuguhkan sejumlah pertanyaan tertentu.
  • Tes MBTI yang bertujuan untuk menilai tipe kepribadian seseorang terhadap lingkungannya.
  • Tes MAPP yang bertujuan untuk menilai pilihan seseorang dalam berbagai hal yang berkaitan dengan pekerjaan dan dunia profesional.
  • Tes Koran Pauli yang bertujuan untuk menilai karakter seseorang pada beberapa aspek seperti aspek keuletan, aspek kemauan, aspek emosi dan aspek stabilitas diri dengan melakukan hitungan dari sederet angka.
  • Tes Ketelitian yang bertujuan untuk mengukur tingkat kecermatan dan ketelitian dalam mengolah data daari sederet angka, kata atau kombinasi antara keduanya.
  • Tes Kerjasama yang bertujuan untuk menilai kemampuan seseorang dalam hal bekerja dengan sebuah tim yang solid.
  • Tes Potensi Sukses yang bertujuan untuk menilai kecenderungan seseorang untuk menjadi seseorang yang sukses berdasarkan faktor tertentu dalam diri orang itu.
Dengan mengetahui beberapa garis besar mengenai psikotes dapat membantu anda untuk berlatih dan bisa menemukan contoh soal psikotes beserta jawabannya di media internet untuk membantu anda agar lebih mempersiapkan diri dengan baik. Karena contoh soal psikotes dapat menjadi acuan bagi anda untuk memprediksi soal yang akan muncul dalam test tersebut.

Contoh Soal Psikotes

Sebelum mengerjakan soal psikotes yang harus anda miliki adalah kepercayaan diri dan keyakinan agar dapat mengerjakan soal dengan baik dan benar, jangan sampai ketika anda mengerjakan soal psikotes dengan perasaan deg-degan dan terburu-buru, sebab akan menyulitkan konsetrasi anda sendiri.


Itulah uraiaan mengenai Contoh Soal Psikotes dan Jawabannya. Semoga contoh di atas bisa membantu dan memberi gambaran bagi anda yang akan menghadapi ujian psikotes. Sekian dari kami dan semoga bermafaat! Salam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar