Cara Mengatasi Rambut Rontok Dengan Bahan Alami

Cara Mengatasi Rambut Rontok Dengan Bahan Alami - Rambut rontok  akan sangat dihindari oleh banyak orang, terutama oleh kaum wanita. Ya, rambut rontok tentu akan sangat mengganggu wanita, terlebih jika mereka memiliki segudang aktivitas yang harus diselesaikan. Untuk mengatasi rambut rontok, anda bisa menggunakan cara-cara yang natural dan alami agar terhindari dari risiko senyawa kimia. Berikut ini kami telah merangkum artikel tentang Cara Mengatasi Rambut Rontok Dengan Bahan Alami

Cara Mengatasi Rambut Rontok Dengan Bahan Alami
Cara Mengatasi Rambut Rontok Dengan Bahan Alami


Cara Mengatasi Rambut Rontok Dengan Bahan Alami

1.  Tanaman Lidah Buaya atau Aloe Vera
  
Tanaman lidah buaya atau lebih dikenal dalam bahasa latinnya, Aloe Vera, memang sudah terkenal khasiatnya dari dulu. Bahkan, hampir semua produk shampo menggunakan bahan Lidah buaya sebagai esensinya. Mineral dan vitamin yang terkandung di dalam tanaman ini cukup membantu dalam memberikan nutrisi pada helai rambut sehingga dapat mencegah kerontokan. 
Cara Pemakaiannya:

Cara pemakaiannya pun sangat mudah, penulis biasanya menggunakannya dengan cara langsung mengusapkan lendir daun lidah buaya yang sudah dibelah ke seluruh bagian rambut (hati-hati getah kuningnya yeah, agak gatal kalau terkena kulit, cukup lendirnya aja yang berwarna putih) sebelum mandi sore hari. Diamkan selama beberapa menit, lalu bilas dengan air bersih.


2.  Daun Pare atau Paria

Baik daun dan buahnya sama-sama enak dimasak, walaupun berasa agak pahit. Selain berguna untuk mengobati penyakit malaria dan cacar, ternyata daun pare juga dipercaya dapat mengatasi kerontokan rambut.

Cara Pemakaiannya:

Caranya sangat mudah. Pertama haluskan daun pare/paria segar dan peras airnya, gunakan airnya untuk keramas dan diamkan selama kurang lebih 30 menit selanjutnya bilas hingga bersih.

3.  Buah Kemiri

Buah kemiri juga merupakan salah satu tanaman khas Indonesia yang memiliki banyak khasiat. Selain digunakan sebagai bahan bumbu dapur, Kemiri juga dimanfaatkan sebagai obat tradisional untuk menghitamkan rambut, melebatkan rambut dan mencegah kerontokan rambut serta memperbaiki dan memperkuat rambut. Kandungan minyak di dalam kemiri sangat baik bagi akar rambut, terutama untuk kekuatan rambut.

Cara pemakaiannya:

Proses pembuatannya memang cukup agak ribet, namun dipercaya memiliki khasiat yang cepat. Nah, ambillah beberapa buah kemiri lalu ditumbuk kasar. Setelah itu disangrai. Setelah disangrai, ambil lagi dan tumbuk hingga halus sampai keluar minyaknya. Gunakan minyak kemiri untuk creambath, lakukan sebelum keramas, lalu bilas dengan air bersih baru gunakan sampo untuk keramas.

4. Minyak Zaitun dan minyak Kelapa

Minyak Zaitun dan minyak Kelapa juga dipercaya sebagai bahan alami untuk mencegah kerontokan. Bagi masyarakat Dayak Kalimantan Barat di daerah tertentu, biasanya anak-anak menggunakan ampas kelapa untuk dibungkus dengan rambut, dan setelah beberapa menit, dibilas. Hal ini dipercaya untuk menebalkan dan menghitamkan rambut serta memperkuat akar rambut. (berdasarkan penuturan salah satu rekan guru di tempat kerja yang memang orang asli Kalbar).

Cara Pemakaiannya:

Nah, selain cara di atas, ada cara lainnya. Caranya, panaskan minyak alami yang mau digunakan terlebih dahulu, misalnya minyak zaitun, kelapa atau canola. Setelah dipanaskan dan didinginkan pada suhu suam kuku, usapkan di kepala disertai pijatkan dengan lembut minyak hangat tersebut ke kulit kepala. Tutup kepala dengan shower cap dan biarkan selama satu jam, setelah itu bilas dengan air bersih.


5. Daun Seledri

Seledri  ternyata memiliki beberapa kandungan yang bermanfaat untuk rambut diantaranya kalsium, zat besi, natrium, vitamin A dan B. Seledri mampu menstimulasi pertumbuhan rambut agar lebih sehat, kuat dan berkilau.

Caranya pemakaiannya:

Ambil beberapa batang seledri kemudian bersihkan dan di blender dengan telur yang sudah dikocok. Setelah semua tercampur rata, oleskan secara perlahan pada rambut sambil dijipit lembut. Diamkan selama 20-30 menit kemudian bilas.


6. Teh Hijau

Teh hijau atau biasa disebut green tea juga dipercayai dapat mengatasi rambut rontok.  Green Tea sendiri banyak mengandung antioksidan yang bermanfaat untuk melindungi rambut dari paparan polusi.

Cara Pemakaiannya:

Caranya cukup dengan menyeduh teh dengan menggunakan air panas tanpa gula, lalu endapkan selama semalaman. Air teh yang sudah basi tersebut, digosok-gosokkan ke kulit kepala sambil dipijat-pijat. Setelah itu bilas dengan air bersih atau langsung keramas.

7. Wortel

Wortel juga banyak mengandung vitamin yang berguna bagi rambut dan menjaga kekuatan dan kesegaran rambut.

Cara pemakaiannya:

Blender beberapa buah wortel sampai halus, kemudian peras airnya. air perasan kemudian digunakan untuk memijat kulit kepala, bungkus kepala dengan handuk dan diamkan semalaman. Bilas hingga bersih keesokan harinya.

8. Bawang Merah


Cara Pemakaiannya:

Bagi anda yang tahan makan bawang merah, cukup makan bawang merah secara langsung. Ini membantu agar rambut tidak cepat rontok. Jika tidak, anda cukup mengolesi kulit kepala dengan bawang merah (atau perasan bawang merah) pada malam harinya dan dibilas pada keesokan harinya.

9. Buah ALpukat
 

Alpukat  ini kaya akan asam lemak dan nutrisi yang dapat berguna bagi rambut.

Cara Pemakaiannya:

Hancurkan alpukat di dalam mangkuk, dan aduk sampai menjadi pasta kental. Kemudian, usapkan pada rambut mulai dari akar hingga ujung rambut. Lalu biarkan selama 20 menit. Bilas dengan air bersih atau langsung keramas dengan shampo.

10. Jeruk Limau

Sudah dari sananya dikenal bahwa jeruk limau juga berfungsi untuk menjaga kekuatan rambut. Untuk itu, jeruk limau juga dapat digunakan sebagai bahan alami untuk mengatasi kerontokan rambut.
 
Cara Pemakaiannya:

Cukup usapkan jeruk limau atau perasannya ke kulit kepala sambil dipijat-pijat. Diamkan beberapa saat lalu dibilas.

Demikianlah info yang bisa kami sampaikan tentang Cara Mengatasi Rambut Rontok Dengan Bahan Alami. Semua cara di atas sangatlah aman karena bersifat alami dan tidak mengandung senyawa berbahaya. Andda juga tidak perlu mengeluarkan uang untuk mempraktekan cara mengatasi rambut rontok di atas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar