Manfaat dan Khasiat daun Sirih Untuk Kesehatan

Manfaat dan Khasiat daun Sirih Untuk Kesehatan - Sudah tidak diragukan lagi bahwa daun sirih memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Banyak orang yang telah memanfaatkan daun sirih sebagai obat-obatan tradisional. Lalu apa saja manfaat daun sirih? Agar anda tidak penasaran, silahkan simak ulasan singkat tentang khasiat dan manfaat daun sirih untuk kesehatan tubuh.


Manfaat dan Khasiat daun Sirih Untuk Kesehatan
Manfaat dan Khasiat daun Sirih Untuk Kesehatan

 Manfaat dan Khasiat daun Sirih Untuk Kesehatan


  1. Mengobati pendarahan pada hidung / mimisan : Untuk mengobati pendarahan pada hidung atau mimisan, ambillah 1 lembar daun sirih yang agak muda. Lalu lumatkan dan gulung sambil ditekan sehingga keluar minyaknya. Gunakan untuk menyumbat hidung.
  2. Sebagai obat batuk : Rebus 15 lembar daun sirih dengan tiga gelas air sampai tersisa satu gelas air. Minum air rebusan tersebut dengan menambahkan satu sendok madu. Lakukan hingga batuk hilang.
  3. Sebagai obat bronchitis : Untuk mengobati bronchitis, ambillah daun sirih  sebanyak 7 lembar dan gula batu satu potong, rebuslah dengan 2 gelas air sampai tersisa satu gelas. Minum 1/3 gelas dengan aturan 3 x sehari.
  4. Menghilangkan bau badan : Selain daun beluntas, daun sirih juga berkhasiat untuk menghilangkan bau badan. Untuk pengobatan bau badan, ambillah 5 lembar daun sirih, kemudian rebus dengan 2 gelas air sampai tersisa satu gelas, minum secara rutin setiap hari.
  5. Mengobati bisul : Cuci daun sirih secukupnya, giling hingga halus, lalu bubuhkan pada bisul dan sekelilingnya. Kemudian dibalut. Lakukan 2x sehari.
  6. Menghilangkan aroma kurang sedap pada mulut dan mengobati sariawan : Untuk menghilangkan bau badan, ambillah 4 lembar daun sirih, diseduh air panas, tunggu sekitar 1 jam. Gunakan sebagai obat kumur. Sedangkan untuk mengobati sariawan, ambillah dua lembar daun sirih segar dicuci, lalu kunyah sampai lumat oleh mulut anda. Buang ampasnya.
  7. Mengobati keputihan : Pernah dengar iklan Resik V? nah, bukankah bahan utamanya adalah daun sirih? Nah, untuk mengobati keputihan, rebuslah 10 lembar daun sirih menggunakan 2,5 liter air, angkat, lalu pada kondisi air hangat gunakan untuk mencuci bagian yang ingin di obati.
  8. Obat jerawat : Selain bengkoang, daun sirih juga bermanfaat untuk menyembuhkan jerawat. Untuk menghilangkan jerawat, tumbuklah 10 lembar daun sirih hingga halus, Seduh dengan dua gelas air panas. Setelah dingin, gunakan air seduhan tersebut untuk mencuci muka. Lakukan sehari 2 sampai 3 kali.
  9. Mengurangi air ASI berlebih : Apabila air ASI terlalu berlebihan, maka akan sangat mengganggu. Untuk inilah peran daun sirih diperlukan. Untuk mengurangi ASI yang berlebihan, ambil daun sirih secukupnya, lalu olesi dengan minyak kelapa, panaskan diatas api sampai layu, hangat-hangat tempelkan diseputar payudara yang bengkak.
  10. Mengatasi mata merah dan gatal : Waktu SMP, saya melihat tante saya menggunakan iar cucian daun sirih untuk mencuci matanya, saya pun akhirnya hingga kini sering melakukannya. Memang terasa agak pedih sedikit, namun setelah itu akan merasa segar. Caranya, cucilah beberapa lembar daun sirih. Kemudian masukkan ke piring. Tuang air masak atau air bersih, lalu remas alau lumat, peras airnya lalu di saring. Nah air yang di piring inilah yang digunakan untuk mencuci mata. Masukkan wajah ke dalam piring lalu kedip-kedipkan mata hingga terasa agak pedih, lepaskan. lakukan 2 atau 3 kali. Selain itu, bisa dengan cara merebus 6 lembar daun sirih menggunakan 1 gelas air hingga mendidih. Setelah air rebusan dingin, gunakan untuk mencuci mata. Lakukan 3x sehari sampai mata anda sembuh.




Itulah ulasan artikel tentang Manfaat dan Khasiat daun Sirih Untuk Kesehatan. Anda juga bisa memanfaatkan daun sirih untuk kebutuhan kesehatan diri. Selain murah dan mudah didapat, daun sirih juga tidak akan memberikan efek samping apapun karena bersifat alami. Semoga artikel tentang manfaat daun sirih di atas bisa bermanfaat bagi anda. Salam. Lihat Juga artikel kesehatan lain tentang Cara Mengatasi Rambut Rontok Dengan Bahan Alami

Tidak ada komentar:

Posting Komentar